Tips Memilih dan Mengenal Spesifikasi Ban Mobil

Tips Memilih dan Mengenal Spesifikasi Ban Mobil

Ban merupakan bagian dari mobil yang juga memiliki peran besar dalam mendukung kinerja kendaraan tersebut. Permasalahan yang terjadi pada ban tidak hanya membuat mobil tidak dapat dikendarai, namun juga dapat menimbulkan kecelakaan. Di lain pihak ban juga memiliki beragam spesifikasi yang terkadang membingungkan konsumen dalam menentukan pilihannya. Yang umum dijadikan panduan untuk memilih ban adalah disesuaikan dengan velg yang digunakan, merk dan harga. Ban yang mahal mungkin menawarkan berbagai kelebihan, namun jika spesifikasinya tidak sesuai maka kinerja yang dihasilkan mobil pun tidak optimal.

Oleh karena itu kenalilah terlebih dahulu spesifikasi ban sebelum menggantinya dengan yang baru.

Berikut ini panduannya :

Kebutuhan

Tentukan kebutuhan akan penggunaan ban. Ban mobil yang digunakan untuk beraktivitas sehari-hari tentu memiliki standard yang berbeda dengan ban yang digunakan pada ajang kompetisi.

Tipe dan Ukuran

Ban yang menghasilkan kinerja optimal terhadap mobil yang digunakan adalah ban yang direkomendasikan oleh manufaktur atas dasar berbagai perhitungan. Untuk mengetahui tipe dan ukuran ban yang direkomendasikan oleh manufaktur kendaraan, cek di buku manual mobil yang bersangkutan atau pada bagian plakat yang melekat pada area sisi pintu.

Contoh ban ukuran 185/65/R15 :

  • Angka 185 menunjukkan ukuran lebar ban dengan satuan milimiter.


  • Angka 65 menunjukkan ukuran aspek ratio untuk ketebalan ban (%) dari lebar telapak ban.


  • Angka 15 menunjukkan ukuran diemeter velg dalam satuan inchi.

Variasi Ban

Sebagai contoh, ukuran P185/65/R15 88H. P di bagian depan merupakan symbol dari (Passenger) ini berarti ban tersebut diperuntukan bagi mobil penumpang. Misalnya, LT (Lite Truck) mengacu untuk ban yang biasanya digunakan pada truk yang beratnya sedang, ST (Special Trailer) untuk mobil trailer, T (Temporary) untuk ban cadangan. Sedangkan R berarti jenis ban radial. Umumnya terdapat 2 jenis ban di pasaran, jenis radial dan bukan radial (bias). Secara sepintas tidak ada yang beda, yang membedakan hanya pada konstruksinya saja.

Pola Tapak Ban

desain model atau pola tapak ban menentukan daya cengkram dan juga tingkat kenyamanan mobil. Tapak yang baik adalah yang berdesain normal. Untuk memberikan kenayamanan dalam penggunaan mobil sehari-hari.

Tipe alur V yang agressif memiliki kemampuan mencengkram aspal dengan baik. Ban alur ini juga mampu mereduksi suara dari putaran ban. Kelebihan ban jenis ini adalah kemampuan untuk memberikan pengendalian yang lebih baik terhadap kondisi jalan basah dan saat berbelok.

Kode Kecepatan dan Beban Maksimum

Layaknya kinerja mesin, kinerja ban pun memiliki keterbatasan. Perhatikan huruf yang tercetak pada didinding ban. Walau pun, ini dimaksudkan bagi mobil ber-spesifikasi balap. Tapi jika, Anda melajukan mobil sampai kecepatan maksimum, pastikan ban dapat bertahan terhadap panas akibat rotasi ban yang berputar kencang.

Contoh : P185/65/R15 88H

Load index adalah kode berupa angka yang menunjukkan beban maksimal yang dapat ditopang oleh satu ban mobil.
Angka 88 adalah kode Load Index, "88" berarti ban tersebut mampu menahan beban maksimal hingga 560 kg (lihat tabel di bawah)

Beban tersebut sudah termasuk beban kendaraan, pengemudi, penumpang serta barang bawaannya.


Jika Anda sering mengendarai mobil sambil membawa beban berat sebaiknya pilih ban mobil dengan load index yang lebih besar. Jika tidak ban akan lebih cepat rusak dan resiko terburuk ban bisa pecah!


Speed Rating/Symbol
adalah kode berupa huruf yang menunjukkan batas kecepatan maksimal pemakaian ban.
Kode "H" disini menunjukkan batas kecepatan maksimal yang mampu diatasi oleh ban tersebut.

Dalam hal ini adalah hingga 210 km/jam (lihat tabel di bawah)

Memacu mobil melebihi batas speed rating bisa menyebabkan ban pecah saat dalam kecepatan tinggi.



Untuk tahu batas beban maksimum dan batas kecepatan maksimum ban anda, berikut daftar tabel load index dan speed rating ban mobil :

Tabel loading index dan speed rating ban mobil

 

Perawatan

Merawat ban mobil tidak terlalu sulit dan dapat dilakukan siapa saja; Jangan memadukan ban dengan spesifikasi berbeda, sesuaikan tekanan angin dengan yang direkomendasikan oleh produsen ban tersebut, jagalah kebersihan tapak ban, jangan biarkan kerikil atau kotoran lainnya melekat di sela-sela guratan ban, dan jangan menerjang lubang ataupun jalanan rusak.

Untuk anda yang ingin konsultasi mengenai pemilihan ban mobil yang tepat, bagus dan terjamin kualitasnya, menaikkan atau merubah ukuran ban mobil (inch up) bisa menghubungi "Banbagus Tire Advisor" melalui email atau halaman facebook

Leave a Reply

* Name:
* E-mail: (Not Published)
   Website: (Site url withhttp://)
* Comment: